Minggu, 07 Maret 2010

laporan ketigaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Pertemuan ketiga membahas tentang gerbang pembangunan universal. Gerbang universal itu gerbang yang dapat digunakan untuk membangun bergang-gerbang dasar yang lain. Gerbang pembangun universal itu tergabung dari gerbang dasar not dan and. Lojiknya adalah X = A.B.

Dalam percobaan ini, yang digunakan adalah IC tipe 7400. Dalam IC ini, 1 IC dapat digunakan untuk berbagai macam lojik.

Percobaan pertama adalah merangkai lojik and menggunakan satu buah IC 7400 karena unit IC terbatas. Menggunakan 2 gerbang NAND dengan 2 inputan. Rangkaian percobaannya adalah :





tabel kebenarannya :




Percobaan kedua adalah merangkai lojik or menggunakan satu buah IC 7400 karena unit IC terbatas. Menggunakan 3 gerbang NAND dengan 2 inputan. Rangkaian percobaannya adalah :








tabel kebenaran gerbang or :



Percobaan ketiga adalah merangkai lojik nor menggunakan satu buah IC 7400 karena unit IC terbatas. Menggunakan 4 gerbang NAND dengan 2 inputan. Rangkaian percobaannya adalah :








tabel kebenaran gerbang nor :




Percobaan keempat adalah merangkai lojik ex-or menggunakan satu buah IC 7400 karena unit IC terbatas. Menggunakan 4 gerbang NAND dengan 2 inputan. Rangkaian percobaannya adalah :






tabel kebenaran gerbang ex-or :




Percobaan kelima adalah merangkai lojik ex-nor menggunakan satu buah IC 7400 karena unit IC terbatas. Menggunakan 5 gerbang NAND dengan 2 inputan. Rangkaian percobaannya adalah :






tabel kebenaran gerbang ex-nor :





Percobaan keenam adalah merangkai lojik nand,not, ex-or, dan ex-nor menggunakan tiga buah IC 7400. Menggunakan masing-masing satu gerbang NAND, NOT, EX-OR, dan EX-NOR dengan 4 inputan. Rangkaian percobaannya adalah :





tabel percobaannya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar