Minggu, 14 Maret 2010

Laporan Ke_4 cuuy......Gerbang Kombinasional

Pada praktikum kali ini, kita membahas mengenai gerbang kombinasional. Gerbang ini adalah penggabungan ataupun pengkombinasian dari gerbang-gerbang dasar untuk menghasilkan output sesuai dengan keinginan. Yang dibahas dalam modul adalah kombinasi antara gerbang And dan Or. Ada beberapa alat yang kita perlukan, yaitu;
- Bread board (Digital lab Book)

- Kabel jumper

- IC 74LS08

- IC 74LS32



Skema rangkaiannya adalah :







Pada skema ini, kita menggunakan dua gerbang And dan satu gerbang or atau dua gerbang And yang di_Orkan. Ada empat inputan yang kemudian menghasilkan output untuk diinputkan lagi ke gerbang Ornya. Sehingga outputnya dapat dilihat pada table di bawah ini :

















Skema Pengkabelannya adalah:







Alur Pengkabelannya adalah :

Percobaan ini meggunakan yaitu peralatan digital trainer NX-4 Plus dan bagian yang paling utama adalah bread board. Pada percobaan kali ini yang digunakan ialah (IC 7408) (gerbang AND) dan (IC 7432) (Gerbang OR) dan kabel jumper. Pada gambar terbukti bahwa, jika salah satu saja tombol switch dimatikan (off), maka lampu akan mati yang sesuai juga dengan table kebenaran. A, B, C, D adalah input (masukkan), output ada pada pin no 3 dan pin no 6 pada IC 7408. pin no 3 di sambungkan ke IC 7432 (Gerbang OR) ke pin no 1, dan output pada pin no 6 disambungkan ke pin no 2 pada IC 7432. pada IC 7432 pin no 3 atau output disambungkan ke LED dan resistor menuju ke ground.


Pda percobaan selanjutnya, kita mengerjakan pengkabelan yang ada pada soal latihan nomor 1 dan 2.
Skema gerbang pada nomor 1 adalah :










Pada pengkabelan kali ini kita menggunakan empat inputan dan berakhir pada gerbang NAND. 2 inputan ke gerbang And, dan 2 inputan lagi ke gerbang Or. Hasil dari kedua gerbang ini kemudian di Nor_kan . setelah itu, outpu dari Nor di Not_kan untuk selanjutnya dipecah menjaci dua inputan lagi dan dimasukkan ke gerbang NAND. Dan Tabel kebenarannya adalah :













Skema gerbang pada nomor 2 adalah :










Pada percobaan selanjutnya, kita menggunakan satu gerbang NAND, satu NOR, satu Ex-Or, dan satu Ex-Nor. Dua inputan ke gerbang NAND yang outputnya dimasukkan ke gerbang Ex-Or dan dua inputan ke gerbang NOR yang outputnya dipecah menjadi dua dan masing-masing dimasukkan ke gerbang Ex-Or dan Ex-Nor. Sedangkan output dari gerbang Ex-Or itu sendiri dimasukkan ke gerbang Ex-Nor. Sehingga didapatkan hasil yang dapat dilihat pada table kebenaran di bawah ini :















Kesimpulan dari gerbang kombinasional adalah Secara garis besar logika kombinasi merupakan salah atu jenis rangkaian logika yang keadaan otuputnya hanya tergantung ada kombinasi input saja. Implementasi persamaan logika kedalam bentuk rangkaian logika pada dasarnya dapat dilakukan jika persamaannya sudah dalam bentuk minimum.Rangkaian dengan jumlah gerbang yang paling sedikit akan lebih murah harga, dan dari segi tata letak komponen akan lebih sederhana. Gerbang kombinasional merupakan pengkombinasian dari gerbang – gerbang dasar sehingga didapat suatu keluaran yang diinginkan, kombinasional gerbang dasar yaitu NOT, NAND , NOR, EX-OR, EX-NOR dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar